Cara ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang (update)

Tips ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang (update)

blog merupakan salah satu layanan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Melalui blog juga kita bisa menghasilkan uang dari tulisan yang sudah di publikasi . tapi bagi orang yang masih awam atau yang belum terjun ke dunia blog akan merasa sulit bagaimana cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang . maka di buatlah Cara ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang (update) bagi anda seseorang yang ingin terjun ke dunia blogging bukanlah satu hal yang mudah jika anda belum memiliki keahlian . Dengan adanya tutorial yang saya buat mungkin dapat membantu anda yang ingin menjadi blogger sukses yang bisa mendapatkan gambaran apa saja yang harus di lakukan oleh seorang blogger pemula jika dia benar benar memulainya dari nol tanpa keahlian blogging .



 Sebelum Kita lanjut ke tutorial ngeblognya ada beberapa hal yang harus di pahami terlebih dahulu sampai bisa menghasilkan uang . untuk menghasilkan uang tidak bisa di lakukan secara cepat atau instan semuanya juga butuh proses karena butuh wawasan yang luas dan tepat , karena informasi yang nanti kita buat pada blog harus relvan dan akurat .

Jika anda bertanya gimana sih cara menghasilkan uang dari blog ? 
Apa yang pertama kali saya harus lakukan ?
Blog tentang apa yang harus saya buat ?

Dan pertanyaan lainnya yang sebenarnya tidak bisa di jawab dengan satu postingan ini , maka saya akan menjelaskan secara lengkap dan padat di Cara ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang (update) .

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami secara dasar yang harus anda tanggapi bagaimana agar dapat menghasilkan uang dari blog mulai dari nol .

Pemahaman Dasar Bagaimana Cara Dapat Mengasilkan Uang Dari blog mulai dari nol 

Untuk dapat memulai menjalani dunia blogging di butuhkan pemahaman niche konten yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki kita untuk di publikasikan di blog yang kita kelola untuk orang lain . Selain itu juga mendapatkan uang dari hasil blog tidak bisa instan seperti yang kita kira , di butuhkan pengalaman serta pemahaman yang tepat di setiap prosesnya karena blog bukan hanya soal tulisan kalimat tetapi ada beberapa yang hal yang perlu kita perhatikan sebagai berikut :

- Konten Adalah Segalanya 

Kualitas konten dalam blogging itu sangat harus di perhatikan , karena kinerja pada mesin pencari membutuhkan konten yang yang berkualitas tinggi yang akan di tampilkan di halaman utama pada mesin pencarian google dan mesin pencarian lainnya .

- Niche Blog

Niche blog adalah tema atau inti dari itu dibuat berdasarkan kebutuhan apa , misalkan tentang memberikan informasi teknologi maka anda akan membahas seputar yang berkaitan dengan teknologi . menentukan untuk sebuah blog yang tepat sesuai dengan kemampuan kita dan dapat menjalankan suato blog agar dapat menghasilkan uang terlebih melihat jika proses mulai dari nol .

- Kinerja situs atau blog 

Yang di maksud dari kinerja di sini apakah suatu blog mampu dapat bersaing di mesin pencarian terlebih melihat niche atau tema sudah pasti mempunyai kompetisi saingnya.Jika ingin suatu situs/blog bisa mendapatkan pengunjung di butuhkan blog yang mempunyai konten berkualitas tinggi yang mampu bersaing di mesin pencarian .

- Kelengkapan situs atau blog

Apa yang di maksud dari kelengkapan situs/blog???  Kelengkapan situs berarti suatu halaman atau widget yang di gunakan pada suatu blog harus sesuai dengan niche yang di kuasai. Mempunyai kelengkapan situs berupa halaman kebijakan privasi,contact,about dan halaman lainnya yang bisa di anggap sebagai kelengkapan situs/blog bisa dapat membuat suatu blog di nilai profesional oleh pengunjungnya karena pengunjung blog pasti bisa menilai mana blog yang berkualitas tinggi dan rendah.

- Pemuatan landing page situs atau blog 

Hal ini berkaitan dengan kecepatan situs pada saat akan di buka oleh pengunjung dimana mesin pencarian seperti google akan merekomendasikan situs/blog yang mempunyai kecepatan yang cepat dan mudah di akses oleh pengunjung. Karena lambat sedikit saja bisa mengurangi jumlah  Semua halaman pada suatu blog .

- Artikel / postingan

Postingan blog menjadi inti dari pada sebuah blog karena dari postingan sumber traffic atau pengunjung bisa di dapatkan. usahakan membuat postingan yang bermanfaat untuk pengunjung serta mempunyai makna yang lengkap dari apa yang di tuliskan karena jika hanya setengah setengah dalam memberikan informasi juga dapat mempengaruhi blog itu sendiri . 

- Pentingnya optimasi blog pada mesin pencarian 

Dengan melakukan optimasi pada blog/postingan dapat meningkatkan traffic atau pengunjung blog karena jika tanpa melakukan optimasi maka untuk dapat mendatangkan pengunjung lumayan cukup sulit karena bisa di dahulukan orang lain yang bahkan umur postingannya lebih muda dari kita di lihat dari kata kunci yang hampir sama. 

Ada banyak cara untuk dapat melakukan optimasi pada blog/postingan untuk mendatangkan traffic sebenarnya tapi di sini saya akan menjelaskan secara dasar terlebih dahulu agar mudah di pahami oleh setiap orang yang ingin serius terjun ke dunia blogger.

Optimasi pada blog di bagi menjadi dua yaitu optimasi seo on page dan seo off page .

-> Seo on page

Berarti melakukan optimasi yang di lakukan dalam suatu blog  seperti membuat jaringan internal link agar saling berhubungan satu artikel dengan artikel lainnya. Dengan catatan internal link harus saling mempunyai hubungan topik antara link satu dengan link lainnya agar suatu postingan blog bisa lebih luas dalam memberikan informasi. 

1. Riset keywords 

Sebelum membuat postingan alangkah baiknya menentukan kata kunci yang tepat sesuai dengan postingan yang akan kita buat agar postingan kita bermanfaat dan memang di cari orang lain. 

2. Menulis artikel tidak sembarangan

harus mempunyai kalimat atau kata yang kaya akan informasi untuk pengunjung tidak harus panjang tapi tidak jelas. Tetapi kaya akan informasi bermanfaat. 

3. Pentingnya deskripsi 

Deskripsi mungkin saja di gunakan sebagai media untuk menentukan konten yang sedang di bahas jika bot atau spider mesin pencarian tidak dapat melakukan crawel atau gagal mengambil data terstruktur suatu postingan. 

4. Pentingnya alt image 

Hal ini untuk memberi tahu bahwa mesin pencarian tidak dapat membaca suatu gambar dan bisa membaca jika gambar tersebut mempunyai keterangan pada suatu postingan .

-> Seo off page 

Optimasi mesin pencarian yang di lakukan di luar dari blog yang kita kelola dengan cara menghubungkan situs/blog dengan tools webmaster yang sudah di sediakan mesin pencarian merupakan salah satu optimasi seo off page untuk meningkatkan traffic atau pengunjung blog. Selain itu mensubmit url ke tools webmaster hal ini dapat memberi tahu mesin pencarian bahwa blog kita mempunyai link baru/postingan fresh untuk di indeks di rayapi dan di tampilkan ke pengguna yang membutuhkan. Ada 1 hal lagi setelah melakukan submit url kita dapat melakukan fetch as bot mesin pencarian hal ini di lakukan untuk memberi tahu webmaster bagaimana bot suatu mesin pencarian mencrawel dan merender suatu blog/postingan.  

Dengan melakukan seo on dan off page dapat mempermudah suatu blog/postingan mempunyai kesempatan untuk mendapat peringkat meski ada banyak faktor yang dapat menentukan hal tersebut. 

- Marketting online

Melakukan promosi pada suatu blog/postingan memang harus di lakukan oleh seorang webmaster melihat sosial bookmarking yang sudah tidak support backlink jika kita sendiri yang memasang bookmarks tersebut yang bisa di anggap spam oleh mesin pencarian jika menaruh link postingan pada berbeda bisa menambah pagerank pada suatu blog/postingan. Lalu bagaimana alternatifnya???  Sosial media masih menjadi tempat sumber traffic non organik yang bisa di gunakan untuk rekomendasi orang lain. Jika kita melihat situs situs besar yang melakukan pengiklanan melalui sosial media sesungguhnya mereka sedang berusaha membuat agar blog/postingan mereka meningkat pageranknya . 

kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena di tahun tahun sebelumnya banyak blogger nakal yang memanfaatkan hal tersebut secara tidak wajar untuk mendapatkan pagerank mesin pencarian. Dimana alogaritma google yang dulu kurang lebih seperti ini: Postingan->Optimasi->Backlinks->Pagerank Dan setelah google mengupdate alogaritma yang baru seperti yang di bicarakan tentang konten is king maka akan seperti ini: Postingan->Optimasi->Non organik->Backlinks->Page rank

Berbicara soal backlink pasti yang ada pada benak kalian yang ingin bertanya backlink seperti apa yang berkualitas ? Backlink yang menjadikan blog/postingan kita rekomendasi untuk orang lain setelah di kunjungi oleh pengunjung. 

Setelah kita memahami makna pemahaman dasar bagaimana cara agar menghasilkan uang dari nol dari blog maka kita dapat melanjutkan tutorial ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang. Ada langkah langkah yang harus di lakukan seperti pemahaman dasar yang sudah di jelaskan. 

Agar dapat melanjutkan tutorial ngeblog ini sampai bisa menghasilkan uang jika sebelumnya anda hanya mendapatkan pemahaman dasar maka kali ini akan mendapatkan tutorial panduan versi lengkapnya yang akan di jelaskan di bawah ini. 

Planning blog agar dapat menghasilkan uang

  Langkah pertama yang harus di lakukan adalah perencanaan blog yang akan di buat.Rencana yang harus di buat harus tepat dan matang agar blog bisa berjalan secara maksimal bukan hanya dalam waktu jangka pendek tapi bisa meningkat terus menerus seperti pengujung blog, konten blog dan pendapatan blog.Maka rencana yang harus di lakukan sebagai berikut:

Niche blog

Sebelum bisa membuat blog yang bisa menghasilkan uang langkah pertama yang harus di lakukan adalah menentukan niche atau tema blog merupakan topik yang akan di targetkan pada blog nantinya untuk bisa menarik perhatian orang lain untuk di jadikan pengujung di butuhkan niche yang tepat seperti contoh:Niche tutorial, niche kesehatan, niche gaya hidup dan lain-lain. Dalam menentukan niche agar dapat menghasilkan uang dari blog pilihlah niche yang memang di kuasai dan dapat di jadikan hobi untuk dapat menjalankan suatu blog.Jangan membuat niche blog yang campur aduk karena tidak di rekomendasikan untuk keberlangsungan blog.

Rencanakan konten yang akan di sajikan

Merencanakan konten yang akan di sajikan untuk hal yang sudah di targetkan buatlah planning konten untuk memenuhi informasi orang lain seperti contoh artikel,produk, jasa atau alat blog. Maka buatlah konten yang memang dapat memenuhi kebutuhan orang lain karena jika anda hanya membuat konten yang sesuai kehendak anda maka konten tidak dapat memenuhi informasi orang lain .

Target pengujung

Setelah menentukan niche dan konten yang akan di sajikan pada blog maka langkah rencana yang harus di lakukan selanjutnya adalah pengujung yang akan di targetkan berasal dari suatu wilayah yang dapat di jadikan target pengujung blog untuk di jadikan sumber traffic di butuhkan penargetan pengujung yang tepat. Misalkan kita berada di indonesia maka buatlah blog yang memang akan di targetkan untuk orang indonesia.

Membuat suatu blog

Dengan membuat suatu blog kita dapat memulai membuat suatu konten yang akan di sajikan untuk mendatangkan traffic dan di jadikan sumber penghasilan maka dalam pembuatan blog juga sangat berpengaruh sesuai dengan pemahaman dengan kemampuan seseorang. Membuat suatu blog bagi anda seorang pemula yang benar benar dari nol saat pertama terjun ke dunia blogging di rekomendasikan membuat blog di blogger selain blog yang di buat dari blogger sangat mudah di buat karena merupakan produk google juga gratis dalam pembuatannya. Selain mudah dalam proses pembuatan dan gratis blog yang di buat dari blogger tampilannya sangat sederhana dan mudah di pahami untuk seseorang yang baru memulai terjun ke dunia blogging karena memang pengoprasiannya mudah di pahami dan sudah banyak tutorial yang bisa di dapatkan seperti yang terdapat pada Mamang Obet. 

dan dapat memulai mendapatkan modal utama dari blog untuk mendapatkan uang yaitu traffic . 

Mengoptimalkan blog di mesin pencarian

 Setelah kita membuat blog dan mempunyai konten maka langkah selanjutnya yang harus di lakukan yaitu mengoptimalkan blog di mesin pencarian seperti google,bing, yahoo dan lain-lain. Karena seorang pengguna mesin pencarian pasti akan mencari suatu informasi menggunakan kata kunci dan membuka situs yang berada di posisi pertama di page one karena sudah menjadi rekomendasi mesin pencarian untuk seseorang yang membutuhkan informasi maka anda seorang pengelola blog harus mengoptimalkan blog di mesin pencarian agar blog bisa berada di posisi pertama maka di butuhkan ilmu SEO. anda bisa memahami Apa itu SEO,bagaimana cara kerja seo dan manfaat seo jika anda belum mengerti dan merasa awam dengan hal SEO karena sangat berpengaruh terhadap blog setelah mempunyai konten harus di barengi dengan SEO karena mempunyai hubungan yang erat satu sama lainnya yang akan lengkap di bahas di tutorial ngeblog ini. Jika anda bingung memulai seo untuk blog dari mana anda bisa mendapatkan Tutorial belajar seo blogspot gratis dari Pakar SEO dan ahli SEO indonesia terbaik di tahun 2018. 

Memperkenalkan blog terhadap audience

maka langkah yang harus di lakukan adalah memperkenalkan blog terhadap orang lain di sekitar kita atau di sosial media dapat di jadikan sumber untuk meningkatkan reputasi blog di mata orang lain. Dalam hal ini mencakup mempromosikan blog dapat di artikan bisnis marketing online atau bisnis pemasaran online dalam memporomosikan situs atau blog terhadap orang lain buatlah blog yang unik dan mempunyai ciri khas di banding blog lain. Karena blog yang unik akan berpeluang mendapatkan pengunjung yang loyal. Marketing online juga harus tetap di lakukan dalam pengurusan blog karena merupakan bagian dari teknik untuk mendatangkan sumber traffic blog agar di jadikan modal mendapatkan uang. Jika anda tidak sabar bagaimana cara mendapatkan uang pahami terlebih dahulu bagaimana cara agar reputasi blog meningkat dalam artian mampu mendatangkan pengujung blog secara signikan entah itu dari sosial media atau mesin pencarian maka anda dapat memulai mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.Tidak bisa di pungkiri blog yang berada di google paling atas atau paling tidak halaman pertama google akan berpeluang mendapatkan traffic cukup tinggi anda bisa mendapatkan tips agar blog berada di google paling atas untuk di terapkan di blog yang anda kelola agar blog dapat meningkat reputasinya juga mudah di kenal orang.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog?

Jika anda bertanya bagaimana cara mendapatkan uang dari blog setelah membuat blog, mengoptimalkan blog di mesin pencarian dan mempromosikan blog terhadap orang lain. Anda harus memahami bagaimana cara mendapatkan uang dari blog untuk dapat mendalami tutorial ngeblog mulai dari nol ini. Karena dalam mendapatkan uang dari blog ada berbagai macam cara yang sudah di jelaskan di cara mendapatkan uang dari blog untuk melengkapi tutorial ngeblog mulai dari nol ini. Setelah anda memahami cara mendapatkan uang dari blog maka hal yang harus di lakukan adalah meningkatkan pengujung blog dan membuat konten secara up to date untuk reputasi pada blog anda .

Meningkatkan reputasi blog dan konsisten

Setelah anda memahami bagaimana cara mendapatkan uang dari apa yang sudah di jelaskan di point point sebelumnya maka hal yang harus di lakukan untuk mendapatkan penghasilan secara meningkat di butuhkan konsisten dan pembuatan konten secara berkala untuk dapat meningkatkan pengujung blog untuk di jadikan sumber trac agar keberlangsungan penghasilan terus meningkat. 

Jadi Itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Cara ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang (update) , semoga dengan adanya artikel Cara ngeblog mulai dari nol sampai menghasilkan uang (update) bermanfaat bagi anda dan sharekan barangkali ada yang membutuhkan artikel ini :) dan lihat artikel lainnya tentang blogger di mamang obet .


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel